Berbicara mengenai pebisnis online, apa yang ada di pikiran Anda tentang pebisnis online? Pandangan apa yang Anda miliki tentang pebisnis online? Perlu Anda ketahui bahwa pebisnis online adalah sebuah profesi, sama seperti profesi-profesi lain yang sudah dikenal terlebih dahulu misalnya penulis, seniman, dokter, karyawan, dan sebagainya.
Tahukah Anda bahwa pebisnis online adalah seorang pengusaha? Sama seperti profesi-profesi lainnya, pebisnis online juga memiliki visi dan misi yang harus dijalankan dengan baik agar manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang. Pada awalnya, pebisnis online mungkin hanya dilihat sebagai seseorang yang “hanya” menjual barang saja melalui media internet. Kegiatan berjualan seringkali dilihat sebelah mata, namun sebenarnya peranan untuk menjadi pebisnis itu sangat besar karena dapat meningkatkan perekonomian seseorang secara langsung.
Semenjak pandemi, penggunaan internet semakin banyak dan semakin mudah untuk diakses. Internet menjadi salah satu lahan basah pebisnis untuk mengembangkan usahanya secara online. Jika sebelum pandemi, kegiatan berjualan mungkin lebih banyak dilakukan secara offline, maka semenjak pandemi, kegiatan berjualan menjadi lebih optimal jika dilakukan secara online. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan penjualan Anda secara online?
Personal branding
Anda punya akun di media sosial? Jika ada, maka ini adalah kesempatan emas untuk mempoles diri Anda menjadi seorang pebisnis online yang professional. Jika sebelum pandemi Anda berjualan secara offline, Anda merasa minder karena Anda hanya modal berjualan secara fisik, maka ketika berjualan secara offline, Anda bebas untuk “menampilkan” sisi terbaik Anda dan mengeksplor potensi terbaik Anda melalui tampilan media sosial Anda yang memikat. Sama seperti penampilan fisik yang harus diperhatikan agar calon pembeli tertarik untuk membeli dagangan Anda, Anda juga sebaiknya merapikan tampilan dari media sosial yang Anda miliki agar terlihat professional sehingga semakin banyak juga orang yang tertarik membeli dagangan Anda.
Pasanglah foto profil toko Anda dengan semenarik mungkin. Jika Anda cukup percaya diri dengan penampilan Anda secara fisik, cobalah untuk memasang foto Anda dengan dagangan Anda. Buatlah teman-teman dan kerabat Anda menyadari bahwa Anda adalah seorang pebisnis yang menjual sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Buatlah diri Anda bangga dengan apa yang Anda jual, karena kalau tidak begitu, impian Anda untuk bisa disebut sebagai pebisnis atau pengusaha handal tidak akan terwujud. Sebagai contoh, Anda mengaku sebagai penjual baju muslim dengan kualitas terbaik, namun ketika orang membuka profil toko Anda, mereka hanya mendapati profil toko yang tidak ada foto profilnya, tidak ada foto-foto baju yang dijual, atau kalaupun ada jumlahnya minim, bagaimana Anda bisa disebut sebagai pebisnis online? Bagaimana Anda bisa disebut sebagai pengusaha jika Anda belum terlihat sebagai seorang pengusaha?
Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh pebisnis online yang sukses adalah rasa percaya diri yang tinggi. Berapa banyak pengusaha terkenal yang setidaknya selalu mengusahakan diri untuk tampil maksimal baik secara online maupun offline? Para pebisnis online yang mampu menunjukkan personal branding yang baik di media sosial biasanya juga memiliki penampilan yang apik ketika tampil secara offline. Mereka mampu menjual barang dengan pendekatan yang menarik tanpa harus terlihat seperti berjualan. Mereka tidak minder dengan apa yang mereka jual karena mereka mengetahui bahwa apa yang mereka jual itu berkualitas dan dapat disukai oleh banyak orang. Raihlah kepercayaan diri seperti itu agar Anda tidak malu dengan apa yang Anda jual!
Kiprah pebisnis online melalui komunitas dan individu
Iim Fahima Jachja, Founder Queenrides (2012), mengatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah transaksi online paling tinggi se-Asia Pasifik (hasil survey Payment Solution). Queenrides adalah salah satu komunitas yang berhasil memberdayakan para anggotanya untuk berkembang baik dari segi soft skill maupun hard skill. Salah satu hard skill yang dilatih adalah kemampuan untuk mempromosikan barang dagangan secara online dan Queenrides memfasilitasi anggotanya untuk mempromosikan usahanya. Oleh karena itu, ke depannya, peluang untuk mempromosikan dan memasarkan produk serta jasa melalui media online semakin diminati masyarakat.
Selain Iim, pebisnis online lain yang sudah membuktikan kesuksesan dirinya adalah Hendrik Tio. Beliau adalah pendiri dan pemilik toko online Bhinneka.com. Berkat kerja keras dan konsistensi sejak tahun 1999, kini Bhinneka.com mampu meraih omset 60 milyar setiap tahunnya. Selain pebisnis online senior, ada juga pebisnis online muda yang sudah meraih kesuksesan seperti Belva Devara (Founder Ruang Guru), James Prananto (Co-Founder Kopi Kenangan), Amanda Cole (Founder SayurBox), dan Felicya Angelista, (Founder Scarlett Whitening).
Felicya Angelista via iNews
Sebagai contoh, Felicya sudah merintis bisnis kecantikannya sejak tahun 2017. Dalam kurun waktu 4 tahun, tepatnya sampai tahun 2021 kemarin, dikutip dari situs koinworks.com, Scarlett Whitening adalah salah satu brand favorit dan terlaris di Indonesia. Kedua produk serumnya yaitu Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum dan Scarlett Whitening Acne Serum mencapai jumlah transaksi yang cukup besar yaitu 151.492 transaksi dan 80.106 transaksi. Jumlah penjualan dari kedua produk tersebut mencapai Rp15,5 miliar.
Melalui sepenggal cerita tersebut dan bagaimana setiap pebisnis merintis usaha mereka, Anda tidak perlu khawatir dengan peluang bisnis online ke depannya. Konsumen belanja online sedang jaya-jayanya untuk saat ini. Menurut NielsenIQ, dikutip dari CNN Indonesia, pada tahun 2021, terjadi peningkatan jumlah konsumen belanja online di Indonesia dibandingkan dengan jumlah konsumen tahun 2020 yaitu 32 juta orang dari sebelumnya 17 juta orang.
Jadi bagaimana para pebisnis online? Apakah Anda siap untuk berkembang bersama dalam meraih hasil penjualan online terbaik di tahun 2022 ini?