Microsot Women Inspiration Day 2019

Dulu, perempuan  harus tinggal dirumah mengurus anak dan suami saja, namun jaman sudah era globalisasi, semuanya bisa dikerjakan melalui jaringan internet.

Microsoft Indonesia pada tanggal 14 Mei 2019, menggelar Microsoft Women Inspiration Day dengan tema ‘Modern Strategies for Balancing Productivity’. Kegiatan ini bertujuan untuk membagikan wawasan mengenai strategi modern guna menyeimbangkan produktivitas dengan memanfaatkan teknologi, khususnya bagi para perempuan Indonesia yang juga merupakan pelaku small medium businesses (SMB). Dalam kegiatan ini, Microsoft juga turut menghadirkan Ketua Umum DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Ir. Nita Yudi, MBA., dan Founder of Indonesia Women Information Technology Awareness (IWITA), Martha Simanjutak pada diskusi panel yang mengusung tema Women EntrepreneurSuperWoman Nowadays – Work Better Together – Modern Productivity’.

Dalam kesempatan ini Ibu Ir. Nita Yudi, MBA selaku Ketua Umum DPP IWAPI mengungkapkan bahwa perempuan harus bisa mandiri untuk membantu keuangan keluarga, karena saat ini perempuan pengusaha di Indonesia sudah ditingkat nasional dan internasional yang dapat memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan UKM.

Untuk mencapai Visi dan Misi, IWAPI fokus semua upaya kinerja kaum perempuan dalam pengembangan sumber daya manusia melalui Pelatihan, seminar, worksop dan talkshow. IWAPI membuka, mengembangkan dan memasarkan untuk anggotanya melalui Bazar atau pameran, kolaborasi global dan mengatur pemasaran lewat digital.

Menurut Ketua Umum DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Ir. Nita Yudi, MBA., perempuan Indonesia memiliki potensi besar dalam membangun perekonomian negara. Dalam tantangan yang semakin berat ini, transformasi digital UMKM sangat membantu para pelaku usaha UMKM untuk memasarkan dan meningkatkan produktivitas usaha. “Dengan adanya perkembangan teknologi yang bergerak sangat cepat, kami berharap seluruh perempuan di Indonesia menyusun strategi baru untuk menunjang perkembangan usahanya terlebih menuju era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sehingga, perempuan Indonesia dapat menyeimbangkan kegiatannya baik berbisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari.”

Itulah beberapa kegiatan IWAPI untuk para perempuan Indonesia dalam meningkatkan para UKM Perempuan.

Founder IWITA, Martha Simanjuntak memberikan tema “Superwomen Nowadays” artinya perempuan harus pintar dan mandiri.  “Perempuan Indonesia harus dapat secara bijak menjalani dua perannya, baik sebagai ibu rumah tangga juga sebagai wanita karier atau pelaku usaha yang maju dan tanggap teknologi. Kesuksesan bagi perempuan modern adalah ketika mereka memiliki kompetensi dasar untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam karier, kegiatan rumah tangga, parental control, media promosi bisnis, dan lain sebagainya. Dengan bimbingan teknis dan kesadaran penggunaan teknologi, perempuan-perempuan Indonesia akan dapat menggunakan dan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) secara maksimal,” ujar Founder of Indonesia Women Information Technology Awareness (IWITA), Martha Simanjutak.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Dengan fokus utama ekonominya adalah ekspor barang-barang seperti tekstil, mobil, peralatan listrik, minyak dan gas.

Salah satu penunjang UKM di era digita,  melalui e-commerce dengan penggunaan smartphone. Karena smartphone jauh lebih mudah diakses oleh sebagian besar pengguna di Indonesia. Laporan McKinsey, hampir 75 % pembeli online di Indonesia menggunakan perangkat seluler, jauh lebih tinggi dari pada Negara Malaysia 62% dan AS hanya 39%.

Terakhir Martha Simanjuntak memberikan ultimatum untuk para perempuan Indonesia bahwa “Orang yang dapat memimpin dirinya sendiri, mampu memimpin orang lain. Dapat mengendalikan diri sendiri adalah hal yang utamabagi seorang pemimpin”. Di era tekologi saat ini, dimana internet merevolusi kehidupan manusia, dan  lahirnya istilah online, segala sesuatu sudah online, serba cepat dan instant maka seseorang harus siap menghadapinya dan adaptif terhadap perubahan tersebut.

Selaku Co-ounder & CEO of GoWork, Vanessa Hendriadi Li memberikan persentasi dengan tema : “Modern Produktivity”. Dalam sebuah perusahaan Corporate, kita harus membangun komunitas real estate, karena saat ini perkembangan coworspace sangat cepat sekali, berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Orang bisa bekerja dimana saja dan  kapan  saja. Teknologi mengubah prilaku  manusia. Bisnis Co Working Space semakin menjamur.

Pembicara terakhir dalam acara “Women Inspiration Day”, Business Group Lead, Microsoft Indonesia, Wahyudi Purnama, mengatakan bahwa bagaimana kita bisa selalu upgrade teknologi akan lebih maju lagi. Jaman teknologi adalah adalah jaman serba cepat, serba instan kita bisa mengerjakan pekerjaan tidak harus ke kantor cukup menggunakan internet di rumah. Namun adakalanya kita harus berhati hati dengan memproteksi salah satu challenge sehingga tidak ada kebocoran data.

Solusi teknologi yang diusung oleh Microsoft pada acara ini adalah Office 365, sebuah layanan teknologi penunjang produktivitas kerja berbasis cloud yang memberikan para penggunanya fleksibilitas baru dalam mengakses data dan dokumen secara virtual, dari mana saja dengan menggunakan perangkat apa saja. Office 365 menjadi pilihan yang efisien dan fleksibel karena terintegrasi ke dalam platform cloud Microsoft Azure yang aman. Hal ini tentunya menjadi jawaban bagi para perempuan modern Indonesia pelaku UMKM yang menginginkan keseimbangan dalam produktivitas kerja dan kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya perempuan  pelaku usaha, dalam hal berperan dalam rumah tangga, perempuan juga berperan dalam mendukung pasangan untuk membangun keluarga yang lebih dinamis dan produktif. Untuk itu, selain menjadi sosok Ibu, banyak perempuan yang juga memilih menjadi profesional dan pengusaha. Pun demikian, hal itu tidak menjadikan mereka lupa akan kodrat dan keluarganya, sehingga literasi digital dan dorongan untuk mempelajari serta menguasai teknologi menjadi penting untuk membantu menyeimbangkan produktivitas mereka. Aktivitas perempuan bukan hanya untuk dirinya, namun juga untuk membuka peluang ekonomi dan meningkatkan taraf hidup diri dan keluarganya. Dengan adanya solusi Microsoft Office 365 yang berbasis cloud, kini perempuan telah dimudahkan untuk menciptakan ruang kerja modern dan aman yang memungkinkan mereka bekerja lebih efisien, produktif, inovatif dan kolaboratif.

Dari acara ini dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan Empowerment Woman adalah aktualisasi  diri dimana perempua dapat mengoptimalkan kemampuan diri secara positif, mempunyai nilai lebih dengan memanfaatkan diluar kita atau sekitar kita untuk tujuan yang bermanfaat. Kolaborasi dan memanfaatkan teknologi secara maksimal akan membuat perempuan lebih berwawasan/pintar, mandiri tanpa harus meninggalkan kodrat sebagai perempuan.

Referensi, Press Release ‘Microsoft Dukung Perempuan Indonesia Menyeimbangkan Produktifitas dengan Solusi Office 365’

Penulis: Sumiati Sapriasih, Ketua IWITA Bekasi