Muslim Fashion Festival Indonesia 2019 JCC Senayan

Tanggal 1 hingga 4 Mei 2019, Jakarta Convention Center menggelar acara Muslim Fashion Festival 2019 di Area Assembly Hall. Bersamaan dengan hari buruh nasioanal bapak Airlangga Hartanto selaku Menteri Perindustrian Republik Indonesia meresmikan acara Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 dengan tema “Singularity”. Di tahun ke-4 MUFFEST ini, bapak Airlangga Hartanto mengatakan bahwa peningkatan kualitas dari tahun ke tahun dapat memperkuat kompetensi produk fashion muslim Indonesia agar mampu menguasai pangsa pasar lokal sekaligus dapat bersaing di pasar global dengan target Indonesia menjadi barometer fashion muslim dunia.

Di hari pertama MUFFEST 2019 ini, Indonesia Fashion Chamber (IFC) menampilkan desainer Wignyo yang didukung oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Lhokseumawe, Auliya by Gallery Sholeha dan Opievie by Dwi Novie, serta didukung oleh Wardah Make Up, Elzatta Hijab dan E-commerse Toko Pedia.

Desainer Opievie Bya Dwi Novie.

MUFFEST kali ini desainer Opievie menampilkan True Romance yaitu impian tentang romantisme yang sesungguhnya dengan penampilan nuansa lembut, warna-warna pastel bercampur dengan ceria penuh harapan. Opievie Premium Collections sangat cocok untuk wanita yang mampu menampilkan karakter kuat dan ingin mencoba hal yang baru dengan tidak meninggalkan sisi kelembutannya dan menghadirkan tampilan style apapun menjadi lebih chic. Detail renda, motif laser cutting dan payet menambah ornamen namun tetap tampil manis.

Scarf dan Hijab Elzatta

Sebagai pemilik Scarf dan Hijab Elzatta ibu Elidawati tentunya sangat bangga telah diikutsertakan dalam perhelatan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019, karena menggeluti usaha ini sudah 7 tahun berjalan dengan 200 toko sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk menghadapi persaingan di era digital tentunya ibu Elidawati tidak mau berdiam diri, karena persaingan era digital serba cepat jadi kita harus mengikuti trend. Elzatta selama ini lebih kuat dikenal penjualan offline, namun untuk menghadapi era digital, kami pun sudah bekerjasama dengan beberapa e-commerce untuk penjualan online. Seperti kami menyediakan koleksi scraft dengan mesin print digital, kita jual setiap senin, dimulai pagi hari upload jam 08.00 dan jam 17.00 sore di closed. Dalam 1 minggu Elzatta memberikan flash Sale yaitu system penjualan online yang konsepnya memberikan tawaran harga diskon akan tetapi penjualan hanya berlaku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Menjelang hari lebaran tahun 2019 ini, Elzatta menyediakan koleksi scarf digital print. Namun, diakui oleh Ibu Elidawati bahwa setiap produk digital produk lebih mahal dari pada scarf biara, yang kedua membawa koleksi saribit. Sebagai motivasi buat perempuan, Ibu Elidawati menjadikan posisi sebagai saudagar yang mulia harus jujur dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

E-commerce Tokopedia.

Anindita Ningtyas, sangat senang bisa bekerjasama dalam ajang Muslim Fashion Festival 2019 ini, karena visi dan misi kami memang sejalan sama sama akan memberikan inspirasi dengan penampilan produk terbaik untuk masyarakat muslim khusus-nya di Indonesia. Tokopedia sangat percaya bahwa produk lokal memiliki kualitas yang bagus dan juga tidak kalah saing dengan produk luar.

Tokopedia sudah banyak bekerja sama dengan Bisnis fashion, salah satunya fashion muslim, ada juga fashion laki-laki, accessories, tas, fashion korea yang sekarang lagi booming dan fashion anak – anak kami akan majukan bersama. Dengan banyak produk jadi masyarakat yang ingin belanja online bisa memilih produk yang di inginkan.

Di era digital tokopedia sangat percaya bisnis fashion ini akan berkembang, karena masyarakat selain belanja offline tentunya akan belanja online, mudah-mudahan tokopedia akan menjadi solusi bagi masyarakat, apalagi daerah-daerah yang cukup jauh, mal-mal dan produk pilihannya tidak begitu banyak. Karena tokopedia ada jutaan produk yang kita jual dan ribuan brand yang bekerjasama.

Persaingan di era digital, tokopedia sangat percaya semakin maju dan perkembangnya digital di Indonesia, dan kami terus berinovasi untuk memberikan produk terbaik bagi masyarakat, tentunya kami akan terus memperbaiki mulai dari eko system, teknologi dan berbagi promo yang bisa kita kasih kepada masyarakat.

Sebagai penutup Anindita Ningtyas memberikan motivasi sebagai perempuan Indonesia bahwa perempuan harus bisa menginspirasi karena perempuan jaman sekarang ini sangat kuat dan cerdas. Jadilah contoh yang terbaik agar bisa diikuti oleh wanita-wanita lainnya.

“You should learn from your competitor, but never copy. COPY and YOU DIE.”                                          Jack Ma – Founder Alibaba

Penulis: Sumiyati Sapriasih, Ketua IWITA Bekasi